ANDA
para peselancar dunia maya yang sering berjelajah dari situs satu ke situs
lainnya pasti takkan lupa untuk nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke
salah satu situs yang lagi meroket saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja
situs facebook! Saat ini siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan orang
yang melek huruf dan pernah berinternet pasti mengetahui situs yang satu ini.
Bahkan mereka yang dulunya hanya berinternet untuk sekedar membuka email kini
pun mulai betah berlama-lama di depan komputer untuk mengulak-ngulik akun
Facebook-nya.
Data
berbicara saat ini ada sekitar 175 juta profil aktif di situs Facebook dan
setiap profil rata-rata memiliki 120 teman. Durasi pengaksesan profil berjumlah
sekitar 3 miliar menit/hari dan lebih dari 18 juta pengguna meng-update
profilnya setiap hari [data lengkap]. Lebih lanjut, menurut penelitian yang
dilakukan oleh Student Monitor, Facebook termasuk dalam jajaran benda/hal kedua
yang diingini oleh para pelajar/mahasiswa di AS setelah Ipod.
Tapi
tahukah anda bahwa Facebook dulunya hanya sebuah situs eksklusif yang
dikhususkan untuk anak-anak kampus Harvard saja? Lalu tahukah anda ternyata si
pencipta situs ini pernah digugat di pengadilan atas tuduhan penjiplakan hak
intelektual dan source code dari perusahaan lain? Selain itu benarkah Facebook
memiliki situs kembaran?
So,
bagi yang tertarik lanjut mengetahui seluk beluk facebook lebih dalam berikut
akan dipaparkan secuil kisah sejarahnya.
Facebook
termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace,
Multiply, Yuwie, dll yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling
bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada
tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark
Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah
istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama
civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para
mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah
kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern
University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus
lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain
di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu langkah
penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat
email valid, namun, dengan pembatasan usia.
Sejarah
dan Perkembangan
Asal
mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II
Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan
kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs
buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan
(pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para
anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto
pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto
rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
Saking
nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk
mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan
mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi
kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman
ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri
dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com
memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang
bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia
melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat
situs serupa”.
2004
Tidak
kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004,
Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:
http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar
sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran
informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal
yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu
seminggu saja”.2
Saat
pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus
Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya
sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya,
sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com.
Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer),
Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan
maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota
Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia,
Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar
penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg,
McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini
mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan
2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri
PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan
Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture
dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi
membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak
saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi
menjadi facebook.com.
Pada
tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan
pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris
Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal
tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan
harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar
ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar
USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech
Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia
melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada
11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join”
bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan
September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai
USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa
Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah
ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga
mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun
2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November
2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60
juta di Facebook.
2008
Pada
Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut
menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar
antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi
Situs
Pengguna
Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan
kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan
menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs
Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya.
Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa
berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling
mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default,
Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang
telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft
adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah
sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam
jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat
ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan
Microsoft.
Dalam
hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan
Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster
mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS,
sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan
profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook
memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya
adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan
pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual,
‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan
kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna
untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke
Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring
perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya.
Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar
Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur
ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat
keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini
sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News
Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur
Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa
mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk
ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu
fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling
berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time.
Fitur
‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk
saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan
pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang
mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini
dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli
2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding,
info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook
merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada
24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi
para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di
Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga
sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang
sebanyak 660.000 pihak.
Perkembangan
Negatif
Pada
Desember 2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan menggunakan data-data
pengguna Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
Universitas
New Mexico pada Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan
dalih situs Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah
Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang
hampir serupa.
Beberapa
negara sampai saat ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya.
Pemerintah Syria melarang akses Facebook dengan alasan situs ini akan
dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga
memblokir Facebook karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk
menggalang jaringannya.
Pada
5 Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh
kepolisian setempat karena membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay
Rachid yang merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
Sejumlah
pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam
menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya
mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi
tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para
pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak
Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat
itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus
sama sekali dari jaringan Facebook.
Pada
2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum
kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para
pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang
merupakan rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar
Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
Seorang
warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk
mengiklankan produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook
kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
Pada
24 Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas
tuduhan membuat profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya,
Mattew Firsht, sebagai seorang homoseksual.
Pesepakbola
tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009
karena memuat profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs
propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi
dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Kondisi
Terkini
Terlepas
dari berbagai kontroversi di atas tak bisa dipungkiri bahwa demam Facebook
sedang mewabah di seluruh dunia. Jadi kini tergantung anda sendiri memanfaatkan
Facebook untuk tujuan apa dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang
menyertainya.
Apapun
itu, saat ini menurut comScore Facebook adalah situs jejaring sosial terkemuka
di dunia mengalahkan MySpace dan menurut Alexa untuk peringkat global berada di
peringkat kelima, hanya kalah dari Google, Yahoo, Youtube dan Live. Sedangkan
penghargaan yang pernah diterima adalah "Top 100 Classic Websites"
tahun 2007 dari PC Magazine dan "People's Voice Award" tahun 2008
dari Webby Awards.
Konsep
Facebook kini juga banyak dijiplak di beberapa negara yang di antaranya adalah:
StudiVZ
— yang memiliki versi-versi bahasa:
Jerman : studiVZ.de
Perancis : studiQG.fr
Italia : studiLN.it
Spanyol : estudiLN.es
Polandia : studentIX.pl
Hungaria : iwiw.hu
Selain
StudiVZ, ada juga:
- Australia : studentface.com.au
- China : xiaonei.com
- Russia : vkontakte.ru
- America Selatan: unibicate.com
- Turki : studentSN.com, unihayat.com, youniTR
- Esperanto : Amikumu.com.
Sekilas
Data
Perusahaan:
|
Perseroan
|
Didirikan:
|
Cambridge,
Massachusetts (4 Februari 2004)
|
Kantor Pusat:
|
Palo Alto,
California & Dublin, Irlandia (Kantor Pusat Internasional untuk Eropa,
Afrika, dan Timur Tengah)
|
Tokoh Kunci:
|
Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO), Dustin Moskovitz
(Co-founder),Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management),
Chris Hughes (Co-founder)
|
Pendapatan:
|
USD 300 juta (2008)
|
Karyawan:
|
700 (November 2008)
|
Situs web:
|
|
Versi Bahasa:
|
Afrika, Arab,
Bengali, Bulgaria, Catalan, China, China (Hong Kong), China (Taiwan),
Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris (American), Inggris (British),
Filipino, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia,
Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Lithuania, Melayu, Norwegia (bokmål),
Polandia, Portugal (Brazil), Portugal, Rumania, Russia, Serbia, Slovenia,
Spanyol (Castilian), Swedia, Thai, Turki, Vietnam, Wales.
|
0 Response to "✈ Facebook: Data dan Fakta Sejarah ✔"
Post a Comment