MEMBUAT FOOTER MULTI KOLOM

Belakangan ini, para pengunjung mungkin mendapati tampilan footer pada blog Tips Trik Blog ini sedikit berbeda dari biasanya, di mana footer pada blog ini, saya bagi menjadi beberapa kolom. Dan menurut saya pribadi, sepertinya lebih variatif dan satu hal yang pasti, kita dapat menambahkan beberapa widget berjejer secara horizontal. Anda yang kebetulan mempunyai template blog dengan footer satu kolom, dapat mencoba untuk menjadikan footer blog Anda menjadi multi kolom seperti pada blog ini. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
(Oh, iya sebelum melakukan pengeditan HTML, jangan lupa untuk melakukan back up terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan). 
 1. Login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor 
 2. Klik Tata Letak (layout) 
 3. Klik tab Edit HTML 
 4. Kemudian cari dan temukan kode seperti di bawah ini.


Pada contoh ini, Tips Trik Blog menggunakan template Son Moto, template default kepunyaan blogspot. Mungkin Anda akan menemui kode yang berbeda pada template non-blogspot namun pada prinsipnya sama. Ada juga kode-nya seperti di bawah ini.

5. Ganti kode yang berwarna biru dengan kode di bawah ini. 
Catatan : Anda dapat merubah width (30,40,30) dengan komposisi prosentase yang berbeda sesuai selera masing-masing. Jika Anda ingin menambahkan kolom lagi, Anda juga harus merubah komposisi prosentase tersebut sedemikian rupa sehingga lebarnya menjadi 100%. Anda pun dapat merubah warna dan panjang garis horisontal dengan merubah prosentasenya atau bahkan jika tidak menginginkannya, Anda dapat menghapusnya. 
6. Kemudian letakkan kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>

7. Kemudian Simpan Template 
8. Selesai.

0 Response to "MEMBUAT FOOTER MULTI KOLOM"

Post a Comment