Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Pada PTP Nusantara 1 (Persero)


Latar Belakang Dilaksanakan PPL

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sekarang ini, membuat kita lebih membuka diri dalam menerima perubahan – perubahan yang terjadi akibat kemajuan dan perkembangan tersebut.

Persaingan yang sedemikian ketat sekarang ini, menyadarilah terhadap pentingnya sumber daya manusia yang handal yang merupakan model utama dalam suatu usaha. Perusahaan atau instansi diharapkan memberikan kesempatan pada mahasiswa/i dari berbagai fakultas dan untuk lebih mengenal dunia kerja denga cara menerima mahasiswa/i yang ingin mengadakan kegiatan praktek pengalaman lapangan.

Praktek pengalaman lapangan adalah pelajaran seorang mahasiswa/i pada dunia kerja yang sesungguhnya, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan etika pekerjaan serta untuk mendapatkan kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang ada kaitannya dengan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi.

Kegiatan Praktek pengalaman Lapangan atau biasa disebut dengan PPL merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/i agar ilmu yang diperoleh dari perkuliahan serta telah dikuasai dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam dunia kerja yang sesungguhnya, selain itu PPL ini merupakan salah satu syarat untuk melanjutkan ke jenjang akhir (pembuatan Karya Tulis Ilmiah).

Dalam dunia kerja, setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda. Dalam perkuliahan mahasiswa mendapat pengetahuan berupa teori dan diiringi sedikit praktek, hal ini tentunya belumlah cukup, karena ilmu yang didapatkan juga harus diiringi dengan praktek yang direalisasikan dalam kehidupan nyata. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa dituntut agar dapat memperluas pengetahuan dan informasi terhadap bidang yang ditekuninya.

PPL ini sangat penting karena mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana perkembangan komunikasi dan cara kerja yang ada pada sebuah perusahaan atau instansi, apakah ada perbedaan antara teori dan pakteknya. Melalui PPL dapat membentuk pola pikir yang terarah dan membangun. Selain itu bisa sebagai bekal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan serta mengetahui bagaimana kerjasama dan komunikasi yang dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan atau instansi terkait.

Pelaksanaa PPL ini setiap mahasiswa ditentukan oleh perguruan tinggi selanjutnya di tetapkan pada  sebuah instansi atau perusahaan – peruasaaan tertentu, dan waktu pelaksanaan serta lamanya PPL merupakan ketentuan dari perguruan tinggi. Setelah selesai melaksanakan PPL mahasiswa dapat  membuat sebuah laporan, laporan ini dapat dikembangkan menjadi sebuah tulisan ilmiah untuk dipresentasikan secara formal dalam pertemuan ilmiah di tahap ilmiah perguruan tinggi.

Untuk itu penulis ditentukan di PT. Perkebunan Nusantara I (Persero) – Langsa di singkat dengan PTPN I, sebagai tempat pelaksanaan PPL. Maka dalam hal ini penulis ingin mengetahui kinerja PT. Perkebunan Nusantara I dalam menjalankan perannya menyampaikan dan menginformasikan kebijakan - kebijakan, program-program kerja yang telah dibuat instansi mengenai kinerja yang telah dicapai serta pembinaan hubungan dengan publik, baik internal maupun eksternal.

Lihat Selengkapnya!


Download Disini

0 Response to "Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Pada PTP Nusantara 1 (Persero)"

Post a Comment