PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA BUDIDAYA IKAN LELE - MANE

BUDIDAYA IKAN LELE
BUDIDAYA IKAN LELE
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN
WIRAUSAHA MUDA PEMULA
BIDANG BUDIDAYA IKAN LELE

1.      LATAR BELAKANG
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan menggunakan kolam terpal, teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, dan pemasarannya relatif mudah.
Budidaya lele dapat dilakukan di areal dengan ketinggian 1 m – 800 m di atas permukaan laut. Namun bila budidaya dikembangkan dalam skala masal harus tetap memperhatikan tata ruang dan lingkungan sosial sekitarnya. Budidaya lele yang kami jalankan menggunakan kolam terpal. Sumber air dapat menggunakan aliran dari aliran sumur dan sungai yang ada diwilayah Mane. Dalam budidaya ikan lele di kolam terpal yang perlu diperhatikan adalah pembuatan kolam dan pembuatan pengeluaran air.
Usaha budidaya ikan lele merupakan usaha yang mudah dijalankan, maka saya dan keluarga sedang menjalankan usaha membudidayakan ikan lele memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Harga ikan yang relatif stabil sehingga tidak menjadi kendala dalam pemasaran dan membuat saya berkeinginan untuk berwirausaha dan mendapatakan keuntungan dari usaha budidaya ikan lele tersebut. Usaha kami yang masih baru dengan modal kecil membuat produksi hasil usaha tidak maksimal. Namun hal tersebut tidak membuat kami patah semangat untuk terus menjalankan usaha Budidaya Ikan Lele. Dengan harapan kami, selain untuk mendapatkan keuntungan, juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di wilayah kecamatan Mane, khusus nya Desa Mane.
  
2.      TUJUAN DAN MANFAAT
Disamping memperoleh keuntungan dari hasil budidaya ini, dapat menciptakan lapangan pekerjaaan baru jika nantinya budidaya ini berkembang menjadi besar. Kemudian dapat berkontribusi dalam pemenuhan permintaan akan ikan LELE diwilayah Kabupaten Pidie, khususnya Mane dan sekitarnya. Dan dapat memanfaatkan limbah peternakan ayam pedaging sebagai pakan alternatif budidaya ikan LELE.

3.      DATA USAHA
Nama Usaha                    : Budidaya Ikan Lele 
Bidang Usaha                 : Budidaya Ikan Lele
Jenis Produk / Jasa          : Ikan Lele
Alamat Tempat Usaha    : Jl. Beurnuen – Geumpang, Gampong Mane, Kec. Mane, Pidie
Nomor Telepon              
Alamat E-mail                
Bank                               
Nomor Rekening            
Mulai Berdiri                   :         

4.      DATA PEMILIK/PENGELOLA
Nama                               : ALMASANI
Tempat Tanggal Lahir    
Pendidikan Terakhir       
Alamat                           
Nomor Telepon              
Alamat E-mail                

5.      GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
5.1  kondisi umum masyarakat
      Usaha Budidaya Ikan Lele ini belum ada yang mengembangkan secara maksimal. Ketersediaan air yang cukup melimpah dan cuaca yang bersuhu hangat sangatlah berpotensi dalam usaha budidaya ikan LELE. Dalam usaha budidaya ikan Lele tidaklah sulit untuk mendapatkan benih yang berkualitas. Benih bisa didapatkan dari daerah Beurnuen yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi budidaya yang akan dilakukan.
      Ikan Lele dalam kegiatan budidaya secara intensif, ikan Lele didorong untuk tumbuh secara optimal sesuai permintan pasar. Ikan Lele merupakan komoditas yang dapat dipelihara dengan padat tebar tinggi dalam lahan terbatas (hemat lahan) di kawasan marginal dan hemat air. Untuk kolam ukuran 4x2 m ikan Lele dapat ditebar sebanyak 2000-2500 ekor benih.

5.2  Strategi Pemasaran
      Hasil budidaya ikan Lele ini tidak lepas dari penjualan atau pemasaran setelah panen. Pemasaran akan dilakukan beberapa metode yang tepat untuk menarik minat pembeli dari daerah Mane dan sekitarnya. Metode pemasaran sebagai berikut:
ü  Kerja sama dengan pengepul ikan Lele
Sebelum merintis usaha budidaya ikan Pengepul, telah dilakukan kerja sama dengan pengepul. Pengepul ini yang nantinya akan membeli ikan LELE yang sudah panen dengan system jual beli dengan metode yang telah disepakati, yaitu penjualan system perkilo, dalam 10 kg pembelian maka gratis 1 kg
ü  Kerja sama dengan warung makan
Banyaknya warung makan yang menyediakan aneka Lele akan dari bahan ikan Lele bisa diajak kerja sama dalam pemasokan ikan Lele segar untuk dijadikan bahan olah.

5.3  Analisis Ekonomi
Dalam menganalisa ekonomi kami menggunakan metode ekonomi terapan. Model analisa ekonomi berupa ekonomi terapan ini jika di Masyarakat biasanya disebut dengan ilmu kebijakan ekonomi. Yaitu suatu sistem analisis yang digunakan untuk mencari pemecah adalah dan cara penerapanya untuk mengatasi berbagai adalah ekonomi.
Ada 3 tujuan pencapaian dalam analisis ekonomi pada metode ini, yaitu:
ü  Menjaga kestabilan produksi
Pada dasarnya ikan LELE tidak akan mengalami penurunan harga dikarenakan kebutuhan passar yang semakin meningkat sedangkan tingkat budidaya yang masih rendah.jadi untuk menjaga kestabilan produksi system penjualan
ü  Pemanfaatan lahan
Pemanfaatan lahan kosong digunakan agar lahan yang terbengkalai atau kosong bisa dimanfaatkan dengan ditanami apa saja yang bermanfaat dan bisa mempunyai nilai jual. Dalam program kerja mahasiswa bidang kewirausahaan ini kelompok kami dari universitas muslim indonesia putat melihat potensi lahan kosong disekitar rumah yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan LELE
ü  Mengatasi besarnya angka pengangguran
Budidaya ikan air tawar ini sangat efektif untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan, karena mampu memberikan penghasilan yang lebih baik dengan tingkat kebutuhan konsumsi yang tinggi.ditambah lagi ikan LELE merupakan ikan yang sangat diminati oleh Masyarakat.
Dari hasil analisa kami menggunakan metode ekonomi terapan maka dapat kami simpulkan bahwa pembudidayaan ikan LELE merupakan usaha yang sangat layak untuk dikembangkan. Dan ini merupakan hal yang sangat direkomendasikan untuk dirintis oleh mahasiswa sebagai jaminan masa depan.

6.      METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan dapar diuraikan sebagai berikut:
6.1  Persiapan Lahan
Yang harus dilakukan pertama kali ialah menyiapkan lahan untuk dijadikan tempat pembuatan kolam ikan Lele dengan terpal. Lahan harus bersih dan rata. Lahan harus terhindar dari benda-benda tajam yang dapat merusak media terpal nantinya.

6.2  Pembuatan Kolam Dengan Terpal
Langkah-langkah dalam pembuatan kolam terpal :
ü  Pesiapan bambu yang sudah dipotong-potong untuk dibentuk menjadi kerangka kolam ikan Lele.
ü  Kayu di tancapkan ke dalam tanah membentuk seperti persegi/persegi panjang.
ü  Membentuk kerangka seperti kotak dan dilengkapi dengan kayu untuk memperkuat kerangka kolam.
ü  Pemasangan pipa pembuangan.
ü  Setelah selesai, terpal di pasang dalam kerangka kolam bagian tepi tepinya di ikat.
ü  Untuk bagian terpal yang dekat dengan bagian pipa pengeluaran, Di buat lubang dengan cara di tekan dan di potong menggunakan cutter. Pemasangan pipa pengaturan yang sudah kita buat sebelumnya dan di lem supaya tidak bocor.
Dan kolam terpal siap dilakukan penebaran benih, tapi ada 2 hal perlu diperhatikan. Yang pertama terpal masih dalam keadaan baru, pasti ada bau-bau yang tidak diinginkan ikan Lele di sana. Untuk menetralisir, kolam di isi dengan air dan di gosok dengan menggunakam busa lalu keringkan. Dan yang kedua adalah pembuatan saluran pembuangan, jangan sampai air hasil pembuangan menggenangi daerah sekitar kolam.

6.3  Penebaran Benih Ikan Lele
Setelah kolam siap untuk penebaran benih, selanjutnya benih ikan Lele akan di tebar dalam kolam terpal. Benih ikan Lele sebanyak 2000 ekor dengan panjang dan lebar kolam 4x2 m. Benih yang berukuran 3-5 cm.

6.4  Pemberian Pakan Pelet dan Pakan Alternatif
Pemberian pakan akan dilakukan dengan memeberikan pakan pelet sebagai pakan utama dan pakan alternatife dari hasil olahan ayam pedaging yang sudah mati. Sehingga pemberian pakan alternatife dapat meminimalkan besarnya biaya pakan. Pakan pelet diberikan pada Lele yang baru ditebar kedalam kolam terpal sampai berumur 1 ½ – 2 bulan. Selanjutnya LELE yang berusia lebih dari 1 ½ – 2 bulan diberikan pakan alternatif dari hasil olahan limbah ayam pedaging. Pemberian pakan dilakukan pada pagi, siang, sore dan malam dengan frekuensi 3 – 4 kali sehari. Pemisahan antara Lele yang sudah besar dengan lele yang masih kecil, agar pertumbuhan ikan Lele dapat merata. Hal ini dilakukan setelah lele berumur 1 ½ bulan.

6.5  Panen dan Penjualan
Umur Lele berkisar antara tiga bulan. akan dilakukan pemanenan secara bertahap. Tahap pertama ialah ukuran size Lele yang berukuran 6 – 9 ekor / kg dan siap untuk di jual. Lele yang berukuran masih agak kecil dipelihara agar tumbuh menjadi lebih besar.

7.      BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
7.1  Anggaran Tetap

No
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
Linggis 90cm * 18mm
1 buah
Rp. 165.000,-
Rp. 165.000,-
2
Golok
1 buah
Rp. 75.000,-
Rp. 75.000,-
3
Panasonic GP-200JXK
1 buah
Rp. 625.000,-
Rp. 625.000,-
4
Serok
2 buah
Rp. 35.000,-
Rp. 70.000,-
5
Ember
3 buah
Rp. 25.000,-
Rp. 75.000,-
7
Palu
1 buah
Rp. 25.000,-
Rp. 25.000,-
8
Papan Cor 2x20x400 cm
50 lbr
Rp. 27.000,-
Rp. 1.350.000,-
9
Tandon Air 1200 l
1 buah
Rp. 1.470.000,-
Rp. 1.470.000,-
10
Selang 100 m
1 roll
Rp. 550.000,-
Rp. 550.000,-
11
Kran
5 buah
Rp. 5000,-
Rp. 25.000,-
12
Pipa Air
10 btg
Rp. 96.000,-
Rp. 960.000,-
TOTAL
Rp. 5.390.000,-

7.2  Bahan Habis Pakai

No
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
Terpal 4x6 m
6 buah
Rp. 250.000,-
Rp. 1.500.000,-
2
Kayu
25 btg
Rp. 22.000,-
Rp. 550.000,-
3
Lem Kayu
3 buah
Rp. 35.000,-
Rp. 95.000,-
4
Paralon
10 buah
Rp. 25.000,-
Rp. 250.000,-
5
Paku
2 kg
Rp. 15.000,-
Rp. 30.000,-
6
Elbow Pipa PVC
10 buah
Rp. 7000,-
Rp. 70.000,-
7
Sekam
2 pick up
Rp. 300.000,-
Rp. 600.000,-
8
Gergaji
2 buah
Rp. 75.000,-
Rp. 150.000,-
9
Benih Ikan Lele
15.000 ekor
Rp. 200,-
Rp. 3.000.000,-
10
Pakan Ukuran 30 kg
5 Karung
Rp. 300.000,-
Rp. 1.500.000,-
11
Vitamin Lele
5 Kotak
Rp. 188.000,-
Rp. 940.000,-
12
Pasir
1 pick up
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-
JUMLAH
Rp. 8.835.000,-

7.3  Biaya Lainnya

No
Kegunaan
Frek
Harga Satuan
Total
1
Pembuatan Kolam 4x2 m
6 buah
Rp. 300.000,-
Rp. 1.800.000,-
2
Bayar Listrik
3 bln
Rp. 75.000,-
Rp. 225.000,-
3
Biaya Penjagaan 2 orang
3 bln
Rp. 1.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
4
Transportasi
-
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-
TOTAL
Rp. 6.625.000,-

7.4  Total Biaya Keseluruhan

No.
Keterangan
Jumlah Total Anggaran
1
Anggaran Tetap
Rp. 5.390.000,-
2
Bahan Habis Pakai
Rp. 8.835.000,-
3
Biaya Lainnya
Rp. 6.625.000,-
TOTAL ANGGARAN BELANJA
Rp. 20.850.000,-


8.      KESIMPULAN DAN HARAPAN
Usaha Budidaya Ikan Lele yang berorietasi kepada ekonomi kerakyatan merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan ekonomi dan sosial di negara kita. Melalui usaha ini diharapkan mempunyai manfaat ganda , berupa penyediaan lapangan kerja / kesempatan berusaha di daerah pedesaan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha baik pebenihan maupun pembesaran ikan lele sangat menguntungkan. Selain itu, usaha tersebut tidak memerlukan lahan yang luas serta kebutuhan akan air baik kualitas maupun kuantitasnya tidak sebanyak seperti ikan jenis lainya, sehingga budidaya ini dapat memanfaatkan lahan pekarangan baik di pedesaan maupun perkotaan.
Demikian rencana pengembangan Lele di Kecamatan Mane, Khusus Gampong Mane, semoga proposal dapat menjadi  pertimbangan dan pada akhirnya terealisasi. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Amiin.

0 Response to "PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA BUDIDAYA IKAN LELE - MANE"

Post a Comment