Contoh Proposal Bantuan Dana Kursus Komputer

Contoh Proposal Bantuan Dana Kursus Komputer.
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN
WIRAUSAHA MUDA PEMULA
BIDANG PENDIDIKAN/ JASA
“KURSUS KOMPUTER”

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi komputer disegala bidang tumbuh begitu pesat sehingga hampir seluruh kegiatan kita tidak terlepas dari teknologi informasi yang semakin canggih ini. Sehubungan dengan upaya mewujudkan dan menindaklanjuti Kebijakan pemerintah tentang upaya untuk penempatan Pendidikan Kejuruan yang mengisyaratkan bahwa arah Pembinaan dan Pengembangan pendidkan  berorientasi pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjadi aset pemerintah daerah dalam rangka otomoni daerah sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi era millennial.
Sebagai konsekuensinya setiap lembaga penyelenggara pendidikan berkewajiban untuk berperan serta membekali tamatannya dengan kecakapan hidup ( life skill ) secara integrative, yang memadukan potensi generic dan spesifik, guna memecahkan dan mengatasi problema hidup. Kecakapan hidup yang mestinya dimiliki oleh setiap tamatan yang akan terjun ke masyarakat tersebut antara lain, Kecakapan mengenal diri ( personal skill), kecakapan berpikir rasional ( thinking skill ), kecakapan social ( social skill ), kecakapan akademik ( academic skill ) dan kecakapan kejuruan ( vocational skill ).
Disisi lain belakangan ini angka pengangguran semakin tinggi. Oleh karena itu  salah satu hal yang dapat diusulkan untuk mengatasi pengangguran tersebut adalah Mencari kerja  atau membuka usaha mandiri.
Dalam usaha mewujudkan altenatif tersebut maka diperlukan suatu pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pencari kerja yang berusia diatas 17 tahun  dengan Program Keahlian yang layak jual dan sangat dibutuhkan dipasar kerja pada era millennial. Salah satu program keahlian tersebut yaitu di bidang komputer (teknisi komputer, jaringan komputer, desain web, office (word,exel, power point) ).
Kecamatan Mane merupakan wilayah paling ujung dari kabupaten Pidie dengan jarak 89.6 km atau 2 jam 18 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua. Selain jarak yang sangat jauh, kondisi jalan yang rusak dan bertebing membuat akses ke kota sangat sulit sehingga tempat belajar tambahan seperti warnet, kursus dan lain-lain sangat minim bagi siswa di wilayah kecamatan Mane. Hal ini saya selaku lulusan komputer merasa berkewajiban untuk mencerdaskan anak bangsa, khususnya untuk siswa diwilayah kecamatan Mane.
Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya perlu komitmen dan kerja sama dengan pihak pemerintah. Maka dalam hal ini saya sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah agar cita-cita mulia ini bisa berjalan dengan lancar. Amiin…
1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari kursus ini  adalah :
a.       Mencerdaskan anak bangsa (Era Millennial) dari gagal memanfaatkan teknologi computer,
b.      Mengurangi beban pemerintah serta membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah pendidikan.
c.       Memberikan keterampilan bagi masyarakat yang taraf hidupnya masih rendah.

1.3  Manfaat
Adapun manfaat dari kursus computer yang kami jalankan adalah :
a.       Peserta didik/ warga belajar dapat memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya.
b.      Masyarakat dapat memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi keterampilannya.
c.       Menjaga kesinambungan pelaksanaan pelajaran TIK seperti yang diamanatkan oleh KBK maupun oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1.4  Data Usaha
Nama Usaha                    : Usaha Aneuk Nanggroe (UAN)
Bidang Usaha                  : Kursus Komputer
Jenis Produk / Jasa          : Jasa/ Pendidikan
Alamat Tempat Usaha     : Jl. Beurnuen – Geumpang, Gampong Mane, Kec. Mane, Pidie
Nomor Telepon               : +62
Alamat E-mail                 : @gmail.com
Bank                                : BRI an
Nomor Rekening             :
Mulai Berdiri                   : Februari 2018

1.5  Data Pemilik/ Pengelola
Nama                               :
Tempat Tanggal Lahir     : Mane/ 11 Agustus 1990
Pendidikan Terakhir        : D-III Manajemen Informatika dan Komputer
Alamat                             : Gp. Mane, Kec. Mane, Kab. Pidie.
Nomor Telepon               : +62
Alamat E-mail                 : @gmail.com

BAB II
RENCANA PENGEMBANGAN

2.1  Strategi Pengembangan Usaha
a.       Strategi pelayanan
Dalam sebuah bisnis yang menawarkan jasa, maka pelayanan adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Dalam proposal ini, usaha yang akan di kembangkan adalah pelatihan komputer atau kursus computer bagi masyarakat mane, khususnya siswa/ siswi, dimana kami memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik kami, yang diantaranya yaitu menyediakan sarana-sarana pembelajaran bagi mereka, misalnya kami menyediakan komputer yang bisa dijadikan sebagai tempat praktek mereka, copy-an tiori-tiori tentang computer untuk dijadikan sebagai bahan ulangan.

b.      Strategi Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia juga memegang peranan penting dalam mengembangkan suatu usaha. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat memberikan dampak positif bagi usaha itu sendiri. Dalam usaha ini menyediakan tenaga pengajar yang mampu memberikan ilmu pembelajaran yang sangat baik. Tenaga pengajar kami memiliki adalah rekan kuliah Manajemen Informatika Komputer dan Teknik Komputer dari berbagai wilayah di kabupaten Pidie.

c.       Strategi keuangan
Salah satu tujuan penting dalam keuangan adalah pencapaian Return On Assets (ROA – tingkat pengembalian aset) yang tinggi. Dalam mejalankan sebuah usaha maka memanage keuangan dengan baik adalah salah satu keharusan. Pendanaan kami peroleh dari pembayaran biaya kursus perbulan peserta didik yang telah dikakulasikan dengan baik. Dalam strategi keuangan usaha kami ini, kami berdasar  atas jumlah peserta kursus.

d.      Strategi Promosi
Dalam hal melakukan suatu usaha yang berhubungan dengan pendidikan, promosi merupakan hal penting. Disamping itu dengan adanya promosi bisa membuat seseorang akan berminat untuk masuk dalam kegiatan kursus kami. Selain melalui dari mulut ke mulut kami juga melakukan strategi promosi melalui media sosial seperti WhatsApp, Twitter, dan Facebook. Selain itu kami juga melakukan kunjungan kesekolah untuk memperkenalkan tentang lest computer yang sedang kami jalankan.

2.2  Proyeksi Usaha
Usaha ini bergerak dalam bidang pendidikan, pendidikan yang kami tawarkan yaitu pendidikan yang bergerak dalam bidang computer. Keuntungan yang didapatkan dari usaha ini berdasarkan hasil perhitungan memiliki keuntungan yang cukup maksimal. Dalam satu tahun kemudian akan memperioritaskan sarana yang memadai. Sehingga tempat kursus ini nantinya diharapkan bisa berkembang dengan baik. Dengan adaya kursus ini akan mampu membantu untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkompoten dalam bidang computer yang sangat dibutuhkan di era millennial

BAB III
RANCANGAN ANGGARAN BIAYA

3.1  Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Rencana anggaran biaya adalah merencanakan suatu bangunan dalam bentuk dan faedah dalam penggunaannya beserta biaya yang diperlukan dan susunan-susunan pelaksanaan dalam bidang administrasi maupun pelaksanaan kerja dalam bidang teknik. Dimana rencana anggaran merupakan perkiraan perhitungan biaya-biaya yang diperlukan untuk tiap pekerjaan dalam suatu usaha konstruksi sehingga diperoleh biaya total yang diperlukan untuk tahap penyelesaian usaha pekerjaan konstruksi. Rencana anggaran biaya dihitung berdasarkan gambar-gambar rencana dan spesifikasi yang mudah ditentukan serta upah tenaga kerja dan alat kerja. Dalam proses konstruksi estimasi meliputi banyak hal yang mencakup bermacam-macam maksud dan kepentingan bagi berbagai manajemen dalam organisasi.
Dalam pembuatan perencanaan akan membuat penaksiran harga barang dan upah. Penaksiran anggaran biaya sangat  diperlukan dalam perhitungan rencanaanggaran biaya, dimana bisa disebut pemberi tugas menggunakanya sebagai alat bantu untuk menentukan biaya investasi modal yang harus ditanam, mengatur pengertian dari penaksiran anggaran biaya adalah suatu proses perhitungan volume pekerjaan, harga-harga bahan yang dperlukan dalam pekerjaan konstruksi. Anggaran biaya suatu usaha memiliki nilai besar, terdapat beberapa segmen pekerjaan yang biaya pengerjaanya memiliki pengaruh yang besar pada biaya usaha secara keseluruhan. Biaya pada segmen-segmen pekerjaan tersebut dipengaruhi dari beberapa aspek, diantaranya dilihat dari segi bahan, cara pengerjaan, jumlah tenaga kerja, waktu pelaksanaan dan lain-lain. Aspek pembiayaan yang besar menjadi pusat perhatian untuk dilakukan analisa kembali dengan tujuan untuk mencari penghematan.
3.2  Estimasi Biaya

NO
RINCIAN BELANJA
VOLUME
SATUAN (Rp.)
TOTAL (Rp.)
1.
Meja Komputer
5 Buah
Rp. 520,000,-
Rp. 2,600,000,-
2.
Kursi
5 Buah
Rp. 300,000,-
Rp. 1,500,000,-
3.
CPU HP Core i3 3240 3.4Ghz
5 Unit
Rp. 1,800,000,-
Rp. 9,000,000,-
4.
LED LG 20MP48A
5 Unit
Rp. 930,000,-
Rp. 4,650,000,-
5.
Printer Epson L3110
1 Unit
Rp. 1,990,000,-
Rp, 1,990,000,-
6.
Proyektor Epson EBX400
1 Unit
Rp. 5,200,000,-
Rp. 5,200,000,-
7.
Tinta Epson
1 Set
Rp. 250,000,-
Rp. 250,000,-
8.
HVS A4 1 Box (5reams)
1 Box
Rp. 219,000,-
Rp. 219,000,-
9.
Kabel NYM 2x2.5mm2 (50 m)
1 Rol
Rp. 396,000,-
Rp. 396,000,-
10.
Papan Tulis
1 Buah
Rp. 150,000,-
Rp. 150,000,-
11.
Spidol Snowman White Board
1 Box
Rp. 70,000,-
Rp. 70,000,-
TOTAL ANGGARAN BELANJA
Rp. 26,025,000,-

BAB V
PENUTUP
Penutup atau Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat dari pembahasan di atas adalah pengadaan perangkat komputer yang digunakan untuk menunjang sistem dapat membantu dalam mempermudah proses belajar mengajar. Peluang usaha kursus komputer masih terbuka lebar dan provitable. Artinya usaha dibidang ini masih sangat menguntungkan, dan pasarnya selalu ada, tidak musiman seperti jenis usaha telekomunikasi lainnya misalnya warnet, atau wartel dulu. Software komputer terus berkembang, dan orang-rang harus terus belajar software terbaru, sementara waktu belajar tidak selamanya bisa formal, maka kehadiran lembaga kursus komputer akan selalu dibutuhkan.

Demikian rencana pengembangan Kursus Komputer di Kecamatan Mane, semoga proposal dapat menjadi  pertimbangan dan pada akhirnya terealisasi. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Amiin.

0 Response to "Contoh Proposal Bantuan Dana Kursus Komputer"

Post a Comment