Contoh Proposal Usaha Bakso Bakar

Proposal Usaha Bakso Bakar
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN
WIRAUSAHA MUDA PEMULA
BIDANG BAKSO BAKAR

1.      LATAR BELAKANG USAHA
Dalam memulai usaha untuk bidang apapun, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana cara membuat orang tertarik terhadap bisnis yang akan kita jalankan. Bagaimana peluang pasar yang sedang trend dimasa ini dan kita bisa menyesuaikan sehingga kita bisa bersaing dalam suatu peluang bisnis di masa sekarang. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, promosi, iklan serta pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapan modal yang terhitung 3 kali lipat dari modal awal dalam usaha membuka usaha kuliner serta mental dan keberanian untuk memulai.
Usaha kuliner sangatlah menjanjikan bahkan menggiurkan, hal ini tidak lepas dari kebutuhan pokok manusia yaitu makanan, baik makanan sehari-hari (lauk pauk) maupun makanan ringan sangatlah banyak peminatnya, bahkan permintaan masyarakat terhadap penggiat usaha kuliner sangatlah banyak. Hal inilah yang membuat kami berinisiatif untuk membuka usaha kuliner yang mana saya mencoba mengfokuskan dibidang makanan ringan yaitu Bakso Bakar.
Dengan hadirnya Produk kami ini, menambah perbendaharaan wisata kuliner yang ada di Pidie khususnya. Hal ini juga tidak lepas dari usaha kami untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar, khususnya para pemuda yang masih belum mendapatkan kerja.

1.1  DATA USAHA
Nama Usaha                 : Bakso Bakar (BaBa)
Bidang Usaha               : Kuliner/Makanan Ringan
Jenis Produk / Jasa        : Bakso Bakar
Alamat Tempat Usaha  : Pasar Beurnuen, Kec. Mutiara Timur, Kab. Pidie, Aceh.
Nomor Telepon            
Alamat E-mail              
Bank                             : BRI an Wahyuni
Mulai Berdiri                : 2018

1.2  DATA PEMILIK/PENGELOLA
Nama                           
Tempat Tanggal Lahir   : Lamkawe / 27 Agustus 1996
Pendidikan Terakhir     : SLTA/ Sederajat
Alamat                          : Gp. Lamkawe, Kec. Kembang Tanjong, Kab. Pidie.
Nomor Telepon            
Alamat E-mail              

2.      ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1  PRODUK YANG DIHASILKAN
Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kami bergerak dibidang makanan ringan yaitu Bakso Bakar yang diantaranya memili beragam varian rasa sebagai berikut:
a.       Bakso Panggang Rasa Keju
b.      Bakso Bakso Panggang Sosis
c.       Bakso Panggang Biasa
d.      Bakso Panggang Urat
e.       Dll

2.2  GAMBARAN PASAR
Gambaran pemasaran yang sudah kami lakukan hingga saat ini mengalami kenaikan dari tahun ketahun, kami akan mencoba menguraikan dalam tabel berikut ini:

Penjualan Dalam 2 Tahun Terakhir


Dalam perjalanannya, usaha kami mengalami kenaikan yang kurang signifikan hal ini dikarenakan minimnya alat yang canggih sehingga membuat produksi tidak bisa maksimal, namun semua itu tidak serta merta mematahkan komitmen kami dalam menjalankan usaha ini. Hal ini kami tunjukan dalam dengan terus memproduksi walapun kenaikannya sedikit.

2.3  TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
2.3.1   Segmen
Pasaran yang kami tuju adalah seluruh kalangan masyarakat, terutaman pemuda atau anak sekolah dan masyarakat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Pidie.

2.3.2   Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai. Pasar adalah tempat yang paling strategis untuk menjual barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
a.    Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang kami jual.
b.    Melalui media sosial: cara ini efektif dan cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang seperti : facebook, Instagram, watshap,  lain – lain.

2.4  PERKEMBANGAN PASAR
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, maka tidak sulit dalam memasarkan produk yang kami hasilkan apalagi usaha kami di kota masih sedikit yang memproduksi Bakso Bakar. Hal ini sejalan dengan permintaan pasaran terhadap produk yang kami hasilkan.
Sebagaimana yang menjadi segmen pasar dari produk kami adalah anak muda dan anak-anak, yang mana mereka merupakan salah satu masyarakat yang sering berbelanja makanan ringan.

2.5  PROYEKSI PENJUALAN
Dengan asumsi kenaikan penjualan produk sebesar 12 % pertahun dengan tingkat harga 3.000/tahun. Perkiraan ini bisa direalisasikan dengan rencana penambahan tenaga kerja, jumlah kapasitas produksi, peningkatan distribusi penjualan, merubah strategi pemasaran.

2.6  STRATEGI PEMASARAN
Dalam strategi pemasaran ini kami akan berusaha dalam mengembangan produk seperti halnya:
v  Perubahan desain sesuai minat pasar
v  Peningkatan kualitas produk
v  Harga Terjangkau

2.7  ANALISIS PESAING
2.7.1   Pesaing
Bisnis kuliner  merupakan  usaha  yang  menjanjikan  karena merupakan  produk  yang  selalu   dicari   orang.   Penjual Bakso Bakar di wilayah Beureunuen yang masih minim sehingga tidak menimbulkan  persaingan yang ketat diantara penjual. Namun hal ini tidak mengesampingkan minat konsumen dengan kualitas product, harga   murah, cita rasa  yang  enak,  dan  tempat  yang  nyaman.

2.7.2   Posisi dalam Persaingan
Sebagai bisnis yang baru, sehingga posisi dalam persaingan ini, kami adalah pemula atau usaha kecil yang membutuhkan banyak pengalaman dalam usaha ini. Dibantu dengan anggota keluarga kami yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis, maka kami sangat percaya bahwa usaha bisnis ini akan mampu bertahan dan berkembang dalam pesaingan bisnis lain.

2.7.3   Kelebihan dibanding pesaing
Dalam menghadapi pesaing utama yang telah kami sebutkan di atas, kami memiliki kelebihan. Kelebihan dari usaha ini adalah menyajikan makanan baru yang diolah secara tradisional dan tanpa bahan pengawet serta bahan kimia serta memiliki banyak varian rasa.



2.8  SALURAN DISTRIBUSI
Sejauh ini prodak kami sudah masih distibusikan dalam wilayah di Beureuneuna, adapun pendistribusian produk kami dilakukan secara :
v  Individu
v  Kerjasama dengan pedagang keliling

3.      ANALISIS PRODUKSI DAN KEUANGAN
3.1  PROSES PRODUKSI
Dalam proses produksi ini akan dibagi menjadi beberapa tahapan, yang mana tahapan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini tidak lepas dari keterbatasan alat-alat yang ada, sehingga kami bekerja menggunakan alat manual. Karena kami berharap dapat memproduksi Bakso Bakar sehingga menciptakan peluang usaha yang baru.
3.2  BAHAN BAKU DAN ANALISIS KEUNGAN

No.

Bahan Baku

Harga Satuan

Kebutuhan

            Jumlah

1.

Daging Sapi

@ Rp. 160,000

3 kg

Rp.    480,000

2.

Daging Ayam

@ Rp.   22,000

3 kg

Rp.      66,000

3.

Telur

@ Rp.   18,500

3 kg

Rp.      55,500

4.

Es Batu

@ Rp.     2,000

10 Butir

Rp.      20,000

5.

Bawang Putih

@ Rp.  70,000

2 kg

Rp.    140,000

6.

Bawang Merah

@ Rp.  32,000

4 kg

Rp.    128,000

7.

Merica

@ Rp.135,000

1 kg

Rp.    135,000

8.

Baking Powder

@ Rp.  42,500

2 kg

Rp.       85,000

9.

Garam

@ Rp.    6,000

2 kg

Rp.       12,000

10.

Tepung Tapioka

@ Rp.  12.500

4 kg

Rp.       50,000

11.

Tepung Sagu

@ Rp.  26.000

4 kg

Rp.     104,000

12.

Kentang

@ Rp.  12,000

2 kg

Rp.       24,000

13.

Masako

@ Rp.  24.000

½ kg

Rp.       24,000

14.

Kecap Manis

@ Rp.  28.000

620 ml*2

Rp.       56,000

15

Saos ABD

@ Rp.  23.000

2 kg

Rp.       46,000

TOTAL BIAYA BAHAN BAKU

Rp.  1,425,500

3.3  PERALATAN PEMBUAT BAKSO
No
Nama Barang
Frek
Satuan
Jumlah
1.
Etalase 135 x 160 cm
1
Rp. 1,700,000
Rp. 1,700,000
2.
Meja & kursi
10 set
Rp.    500,000
Rp. 5,000,000
3.
Blender Miyako Chopper
1
Rp.    265,000
Rp.    265,000
4.
Rol kabel
1
Rp.    146,000
Rp.    146,000
5.
Wadah bak 5200 ml
2
Rp.      72,000
Rp.    144,000
6.
Ember 12 liter
2
Rp.      25,000
Rp.     50,000
7.
Tusuk Bakso ( 500 gram )
100 Pcs
Rp.     11,000
Rp.  1100,000
8.
Dandang
2
Rp.    149,000
Rp.   298,000
9.
Tempat Bumbu
3
Rp.        5,000
Rp.     15,000
10.
Pisau
2
Rp.        7,000
Rp.     14,000
11.
Tissue Gulung
10
Rp.      46,000
Rp.   460,000
12.
Tempat Tissue
10
Rp.        8,500
Rp.    85,000
13.
Tempat Sampah
2
Rp.      3,5000
Rp.     70,000
14.
Saringan Bakso
2
Rp.      29,000
Rp.     58,000
15.
Kompor Gas 2 Tungku
1 Paket
Rp.    450,000
Rp.   450,000
16.
Tabung Gas 3 Kg Kosong
2
Rp.    130,000
Rp.   260,000
17.
Isi Ulang Tabung Gas
2
Rp.      35,000
Rp.     75,000
18.
Arang Kayu
100 Kg
Rp.        3,500
Rp.   350,000
TOTAL BIAYA PERALATAN
Rp. 10,540,000

3.4  TEMPAT DAN PERLENGKAPAN
No
Keterangan
Frek
            Satuan
            Total
1.
Sewa Tempat
1. Tahun
Rp. 5,000,000
Rp. 5,000,000
2.
Banner 3*1 Meter
1
Rp.    120,000
Rp.    120,000
3.
Transportasi

Rp.    500,000
Rp.    500,000
JUMLAH BIAYA TEMPAT DAN PERLENGKAPAN
Rp. 5,620,000


3.5  TOTAL ANGGARAN BELANJA

No

Kegunaan

Total

1.

BAHAN BAKU

Rp.      1,425,500

2.

PERALATAN PEMBUAT BAKSO

Rp.    10,540,000

3.

TEMPAT DAN PERLENGKAPAN

Rp.      5,620,000

JUMLAH BIAYA KESELURUHAN

Rp.    17,585,500


3.6  RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
Rencana pengembangan kami adalah penambahan SDM dan peralatan yang dapat meningkatkan produktivitas, adapun penambahan peralatan yang akan fokuskan untuk saat ini adalah peralatan produksi yang tadinya kami memiliki satu dari masing-masing item kami akan tambahkan sehingga dapat mempercepat dan menambah hasil dari produk kami.
Dengan ada penambahan/pengembangan usaha ini, sangat memungkinkan bagi kami untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar serta mempercepat dan memperbaiki produk kami. Dengan demikian akan mengurangi jumlah pengangguran diwilayah kabupaten Pidie.

4.      ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
Dalam menjalankan usaha ini saya dibantu oleh keluarga, adapuan Kompetensi SDM yang kami miliki untuk saat ini adalah:
No.
Tingkat Kelulusan
Nama
Jumlah
Keterangan
1.
SD



2.
SMP/Sederajat



3.
SMA/ Sederajat



4.
D-III/ Sederajat




5.      RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
5.1  STRATEGI PEMASARAN
ü  Membuat sampel desain produk untuk di presentasikan  ke para distributor/ individu
ü  Pembuatan iklan di media cetak, brosur untuk di bagikan kepada orang tua dan instansi
ü  Memberikan diskon khusus dan voucher setiap pembelian diatas 1 0 potong pakaian

5.2  STRATEGI PRODUKSI
ü  Perbaikan desain sesuai dengan mode yang trendi
ü  Pembelian mesin untuk peningkatan kapasitas produksi
ü  Peningkatan produktivitas tenaga kerja

5.3  STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
ü  Perubahan struktur manajemen dan organisasi
ü  Penarikan tenaga kerja
ü  Pelatihan tenaga kerja yang sudah ada

5.4  STRATEGI KEUANGAN
ü  Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
ü  Mencari investor
ü  Pengendalian sistem keuangan

6.      ANALISIS SWOT
6.1  STRENGHT (KEKUATAN)
ü  Kualitas bahan yang baik
ü  Banyak varian rasa
ü  Dapat request rasa sesuai permintaan pelanggan
ü  Memberikan diskon dengan minimal pemesanan

6.2  WEAKNESS (KELEMAHAN)
ü  Banyak pesaing usaha sejenis
ü  Karyawan terbatas
ü  Kurangnya peralatan penunjang produktivitas
6.3  OPPORTUNITY (PELUANG)
ü  Masih banyak wilayah pasar yang belum terjamah oleh pesaing usaha sejenis
ü  Meningkatnya kebutuhan pasar seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk
ü  Masih minimnya yang memproduksi bakso goring

6.4  THREAT (RESIKO)
ü  Persaingan di wilayah Subang ketat
ü  Harus mampu menentukan harga yang lebih kompetitif
ü  Kesulitan memenuhi target pemesanan dalam partai besar

7.      PENUTUP
Dilihat  dari  aspek  keuangan,  baik  ketersediaan   modal   dan   analisis finansial  yang  kami  lakukan  membuat  usaha  ini  cukup   menguntungkan   meskipun  memerlukan  waktu  dan  bantuan  modal  untuk  mencapai  keuntungan yang lebih besar.
Demikian   proposal   permohonan   bantuan   pengembangan    usaha    di Bidang Bakso Bakar di Wilayah Beurnuen, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, Aceh.
Proposal ini kami buat, untuk sekiranya dapat dipertimbangkan dan disetujui.

0 Response to "Contoh Proposal Usaha Bakso Bakar"

Post a Comment